Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Malaikat Maut Mencabut Nyawa Makhluk Hidup Bersamaan?

adhitya.org 0

Nabi Ibrahim pernah bertanya kepada Malaikat maut saat sedang berbincang:

Wahai malaikat pencabut nyawa, apa yang kau lakukan seandainya ada dua orang yang meninggal diwaktu yang sama; yang satu berada di ujung timur yang satu berada diujung barat, serta ditempat lain tersebar penyakit yang mematikan dan dua ekor bintang melata pun akan mati?

Malaikat pencabut nyawa pun menjawab:

Aku akan panggil ruh-ruh tersebut, dengan izin Allah swt, sehingga semuanya berada diantara dua jariku, Bumi ini aku bentangkan kemudian aku biarkan seperti sebuah bejana besar dan dapat mengambil yang mana saja sekehendak hatiku (HR abu Nu’aim)

Setiap yang hidup akan merasakan mati, dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kesenangan sebagai cobaan; dan kepada Kamilah kamu akan kembali. (Surah al-Anbiya ayat:35)

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw pernah bersabda bahwa rasa sakit ketika sakaratul maut di ibaratkan seperti dipukul 100 kali dengan pedang tajam atau seperti di ‘kuliti’ hidup-hidup. Bayangkanlah betapa sakit dan dahsyatnya saat menghadapi kematian. Kematian merupakan jalan satu-satunya untuk menuju ke akhirat. Kematian juga mengingatkan kita bahwa hidup di dunia hanyalah sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *